Kamis, 23 April 2020

Tips dan Cara Menghindari Penipuan COVID-19

Dengan semakin banyaknya orang yang tinggal di rumah karena COVID-19, penggunaan berbagai aplikasi dan alat komunikasi baru untuk bekerja, belajar, mengakses informasi, dan tetap terhubung dengan orang-orang terkasih secara online akan semakin marak. Walau berguna dalam kehidupan sehari-hari, ternyata platform digital ini juga menghadirkan sejumlah risiko baru terkait keamanan online.

Untuk melindungi pengguna dari risiko tersebut, Google telah membangun sistem proteksi keamanan yang canggih ke berbagai produk Google, yang otomatis mengidentifikasi dan menghentikan ancaman jauh lebih dini.

“Model machine learning kami telah mendeteksi dan memblokir lebih dari 99,9 persen spam, phising, dan malware, sementara lapisan pengaman lainnya akan memperingatkan Anda jika hendak masuk situs yang mencurigakan, memindai aplikasi di Google Play sebelum Anda mengunduhnya,” ujarnya.

Jika Anda tidak menggunakan produk Google, berikut ini beberapa tips, alat, dan referensi sederhana dari Google untuk menghindari scam (penipuan) COVID-19:

1. Ketahui cara mendeteksi dan menghindari scam (penipuan) COVID-19
Kebanyakan scam COVID-19 muncul dalam bentuk email phishing, maka dari itu jangan terburu-buru dan periksa lagi setiap email COVID-19 yang Anda terima sebelum mengklik link apa pun atau melakukan tindakan lain. Waspadai jika email meminta informasi pribadi seperti alamat rumah atau informasi bank Anda. Link yang palsu biasanya meniru alamat situs yang sering diakses banyak orang, tetapi ada tambahan kata-kata atau huruf di dalamnya.


2. Gunakan akun email perusahaan untuk segala hal terkait pekerjaan
Pegawai berisiko membahayakan bisnis perusahaannya jika menggunakan akun atau perangkat pribadi untuk bekerja. Akun perusahaan menawarkan fitur-fitur keamanan tambahan agar informasi perusahaan tetap aman.

3. Amankan video call Anda saat memakai aplikasi konferensi video
Fitur dan kontrol keamanan bawaan yang ada di Google Meet diaktifkan otomatis, sehingga biasanya organisasi/perusahaan dan pengguna juga otomatis terlindungi. Namun, ada beberapa langkah lain yang bisa diterapkan untuk mengamankan video call jika Anda menggunakan aplikasi konferensi video lainnya.


Jika rapat Anda hanya menggunakan kode numerik yang singkat, aktifkanlah fitur sandi atau PIN :
  • Saat membagikan undangan rapat ke orang banyak, pastikan untuk mengaktifkan fitur “ruang tunggu.
  • Jika Anda menerima undangan rapat yang mengharuskan Anda menginstal aplikasi konferensi video baru, selalu pastikan keaslian undangannya.

4. Instal update keamanan ketika muncul pemberitahuan
Sangat penting untuk segera menindaklanjuti setiap pemberitahuan update keamanan. Update ini dapat memperbaiki setiap kerentanan keamanan yang telah diketahui, yang biasanya sering dicari dan dieksploitasi oleh peretas.

5. Gunakan pengelola sandi untuk membuat dan menyimpan sandi yang kuat
Ada 66 persen pengguna internet di Amerika mengaku bahwa mereka memakai sandi yang sama untuk berbagai jenis akun. Nah, untuk menjaga informasi pribadi Anda tetap aman, selalu gunakan sandi yang unik dan sulit ditebak.


6. Lindungi Akun Google Anda
Jika menggunakan Akun Google, Anda bisa memakai alat Pemeriksaan Keamanan untuk meninjau masalah keamanan yang baru-baru ini terjadi, dan mendapatkan rekomendasi yang dipersonalisasi untuk membantu melindungi data dan perangkat Anda.

7. Jaga anak tetap aman saat online
Kini saat semua sekolah di seluruh dunia ditutup, anak-anak jadi lebih sering online dari biasanya. Anda dapat membantu anak belajar mengenali scam dengan materi edukasi di Tangkas Berinternet serta game belajar interaktif, Interland. Anda juga bisa memakai Family Link untuk membuat akun berbatas umur, mengontrol aplikasi yang boleh diunduh anak, dan memantau aktivitasnya saat menggunakan perangkat.

Berikut beberapa informasi untuk Bobers yang Danmogot.com rangkum, semoga bermanfaat ya untuk Bobers. Dan juga buat Anda jangan lupa selalu update artikel terbaru mengenai info tips, kesehatan, keperluan rumah tangga, musik, tempat wisata, dan lainnya di mydanmogot.blogspot.comconcept.id.

Untuk Anda  yang mencari kebutuhan rumah tanggakebutuhan olahragakebutuhan lainnya Anda bisa mengunjungi website kami di www.danmogot.com yang menyediakan produk-produk terbaru dan dapatkan promo diskon hanya di Danmogot.com.
Alamat : Gedung Concept.id, Jalan. Alfalah No.19, Suka Maju, Simpang STM (Sisingamangaraja), Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara – 20217.

Trik Cara Mengirim WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor

Halo Bobers, Mr Bob ingin Berbagi manfaat ini untuk kalian, sangat penting dan bermanfaat pastinya ya. Dengan berbagai alasan, biasanya ada...