Sabtu, 21 Maret 2020

Asal Usul Bawang Hitam, Benarkah Lebih Sehat dari Bawang Putih ?

Sebagian orang ketika melihat bawang putih yang menghitam, mungkin tidak tertarik untuk mengonsumsi atau mencampurnya dalam hidangan. Justru bawang putih hitam kini menjadi menu favorit para pecinta kuliner yang ingin menambah rasa dan kandungan gizi dalam makanan mereka, lho guys.

Bahan unik ini terbuat dari allium sativum atau bawang putih mentah. Bahkan bawang putih hitam punya banyak manfaat kesehatan yang sama seperti halnya bawang putih mentah, mulai dari menjaga fungsi kognitif hingga melindungi kesehatan jantung.

Meski dibuat dari bawang putih mentah, namun kedua bawang ini memiliki banyak perbedaan. Disini Bobers akan menjelaskan mengenai bawang putih hitam atau bawang hitam punya konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi serta tekstur, rasa dan aroma yang berbeda dengan bawang putih mentah. Bawang hitam memiliki rasa yang unik dan lebih menyenangkan dibanding bawang putih mentah.


Lalu apa itu bawang hitam?
Bawang ini didapat dari bawang putih mentah yang difermentasi dengan menggunakan alat tertentu pada suhu antara 60 sampai 70 derajat celcius, dibawah kelembapan tinggi antara 80-90 persen selama tiga hingga empat minggu. Dalam proses itu, bawang putih akan mengalami reaksi Mailard atau proses kimia yang menghasilkan rasa baru dan ringan, manis, dan tanpa rasa panas.

Reaksi tersebut tak cuma memberikan warna gelap pada bawang putih, dan rasa baru tapi juga tekstur lebih lembut dan kenyal mirip jeli, dan aroma yang berbeda. Selain itu, nilai gizinya juga lebih tinggi.

Bawang hitam bekerja dengan baik dalam memberikan rasa gurih dan manis. Karena itu, bawang hitam bisa digunakan dalam segala hidangan, mulai sebagai campuran daging hingga makanan penutup.

Dan perlu diketahui bahwa dibandingkan dengan bawang putih mentah, bawang hitam tidak melepaskan rasa yang kuat karena berkurangnya kandungan allicin. Kandungan allicin membuat bawang putih mentah punya rasa yang kuat. Jadi dengan berkurangnya allicin, bawang hitam tidak akan meninggalkan bau bawang yang menyengat setelah dikonsumsi.

Bawang hitam juga punya sifat antioksidan dan antibakteri dua kali lebih tinggi dari bawang putih mentah, yang sangat baik dikonsumsi untuk proses penyembuhan penyakit. Selain itu, bawang hitam juga merupakan sumber kalori, protein, serat,kalsium, vitamin c, temmbaga, dan zat besi.

Dibanding bawang hitam, bawang putih mentah lebih rendah kalori dan mengandung lebih sedikit natrium dan sedikit lebih banyak vitamin C. Sementara bawang hitam mengandung lebih banyak serat dan zat besi, serta sedikit lebih rendah kandungan karbohidratnya.

Sejarah bawang hitam
Sebenarnya asal usul bawang hitam tidak diketahui secara tepat dan kontroversi. Namun selama berabad-abad silam, bawang hitam sudah dikonsumsi sebagian besar masyarakat di negara-negara Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Thailand.


Bawang ini juga sudah dikenalkan di Taiwan dan negara lainnya beberapa tahun lalu. Dan dalam beberapa tahun terakhir, banyak koki kelas atas di sejumlah negara menggunakan bawang hitam untuk membumbui ayam, ikan, sup, dan risotto.


Namun sebelum digunakan dalam menu masakan, ternyata bawang hitam lebih dahulu digunakan dalam bidang medis. Malah dalam mitologi China dan beberapa negara Asia, bawang hitam diyakini bisa memberikan umur panjang.

Selain bisa memanjangkan umur, bawang hitam juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan di sebagian negara Asia, seperti Korea Selatan dan Thailand. Caranya dengan menambahkan bawang hitam ke berbagai produk makanan atau minuman, seperti minuman energi dan cokelat.



Manfaat bawang hitam bisa menyehatkan sekaligus memanjangkan umur sudah diterjemahkan ke dalam filsafat modern ketika bawang hitam pertama kali dipasarkan di dunia Barat sebagai makanan kesehatan. Namun bawang hitam baru mendapat perhatian internasional setelah ditampilkan sebagai bahan khusus dalam kompetisi memasak selama beberapa tahun terakhir.


Alhasil, bawang ini menjadi sangat dicari untuk membuat rasa lezat sekaligus memberikan manfaat kesehatan. Berikut mengenai bawang hitam yang bisa Bobers jelaskan mengenai bawang hitam baik untuk kesehatan, semoga bermanfaat ya guys !

Untuk Anda yang mencari kebutuhan rumah tangga, kebutuhan olahraga, kebutuhan lainnya, Anda bisa mengunjungi website kami di www.danmogot.com yang menyediakan produk-produk terbaru dan dapatkan promo diskon hanya di Danmogot.com.
Alamat : Gedung Concept.id Jalan. Alfalah No.19, Suka Maju, Simpang STM (Sisingamangaraja), Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara 20217. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa hubungi Customer Service kami di : 061-4207-8633 atau 0822 9977 7633.

Baca juga artikel: manfaat dan kegunaan bawang hitam dapat mencegah penyakit kankerperkembangan teknologi semakin canggih dapat merubah diri seseorang, maraknya virus covid-19 saat ini sosial media distancing sangat pentingbekerja dari rumah ternyata sangat efektif seperti di kantorcara aman agar berbelanja tetap sehat dan terhindar dari virus corona, padatnya aktifitas membuat kita sering terkena flu lakukan cara inisungai venesia yang jernih italia terapkan lockdown karena virussisi lain bali yang eksotis sarat akan keindahan savana tianyar, jepang memiliki kota wisata yang cantik dan menarik otarusurga wisata yang indah dan eksotis kuta mandalika lombokbeberapa tempat wisata dunia terkenal ditutup untuk sementarabelanja di danmogot.com banyak promo dan gratis ongkiratv monster gagah dan keren untuk liburan anda

Trik Cara Mengirim WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor

Halo Bobers, Mr Bob ingin Berbagi manfaat ini untuk kalian, sangat penting dan bermanfaat pastinya ya. Dengan berbagai alasan, biasanya ada...