Jumat, 13 Maret 2020

Peran Penting Orangtua Kepada Anak Tentang Sosial Media

Hidup di zaman sosial media seperti sekarang ini telah menciptakan ruang gerak manusia yang bebas tanpa batas. Namun, ketika banyaknya jenis sosial media yang ada, para pengguna mulai lupa untuk apa sosial media itu tercipta. Media sosial sesuai dengan namanya, awalnya dibuat untuk dijadikan tempat atau platform untuk melakukan interaksi sosial di dunia maya agar manusia dapat dengan mudah berkomunikasi dengan cara yang lebih menyenangkan. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi sebuah sosial media, mulai dari Chat, Texting, Video Call, Photo Posting, Daily Journal dan lainnya, bertujuan menjadi suatu sarana agar penggunanya bisa saling membagikan atau sharing tentang sesuatu yang menyenangkan atau informasi yang dibutuhkan. Bahkan, sekarang ini, sosial media dimanfaatkan untuk tujuan yang bersifat komersil.

Sebenarnya apapun yang kita lakukan di sosial media, sah-sah saja bila tidak merugikan pihak manapun. Namun, banyak pengguna sosial media, khususnya para remaja, yang menjadikan sosial media sebagai sarana untuk Show Off dan mengekspose kehidupan yang bersifat terlalu pribadi yang mungkin bisa menyebabkan pengguna sosial media lainnya cenderung ingin memberikan komentar buruk, di era baru ini, para orangtua juga harus mencoba menjadi orangtua masa kini.
Beberapa cara bisa dilakukan para orangtua untuk mencegah terbentuknya sikap buruk anak di era digital ini :

Memberi Kebebasan Namun Tetap Dengan Dampingan
Generasi millenial atau kids zaman now, tampaknya bukanlah generasi yang mempan terhadap batasan dan larangan. Semakin dibatasi, maka semakin besar ambisinya untuk keluar dari batas tersebut. Maka sebagai orangtua masa kini, biarkanlah remaja anda memilih sosial media apa yang mereka pilih sebagai Sharing Platform mereka, namun sebisa mungkin pantaulah aktivitas anak remaja anda di dunia maya.

Memperhatikan Perubahan Sikap Anak
Hal-hal yang mungkin anak-anak dapatkan dari dunia maya ataupun dari menggunakan sosial media, akan mempengaruhi sikap dan kebiasaan mereka dalam berbicara, gaya hidup atau pun cara mereka melakukan sesuatu. Para orang tua harus memerhatikan dan memberi komentar dan saran atau bila perlu larangan terhadap berbagai macam outcomes yang terlihat dari cara mereka bersikap.

Jelaskan Fungsi Sosial Media Pada Anak
Anak harus tahu dan terus sadar, bahwa sosial media hanyalah platform untuk sharing, komunikasi atau boleh saja jika mereka memanfaatkan social media untuk tujuan dan kepentingan postif lainnya. Namun harus berulang kali dipertegas, bahwa sosial media bukanlah tempat untuk menyebarkan berita palsu (hoax), mengumbar kehidupan atau aib pribadi, memamerkan semua yang dilakukan dan dia miliki, dan sosial media bukanlah tempat menyamar dibalik palsunya foto avatar sehingga penggunanya bisa bebas berkomentar dan menyebarkan kebencian di antara pengguna lainnya. Semoga bermanfaat untuk para orang tua yang memiliki anak, berikan pendidikan yang baik kepada anak anda.

Untuk anda yang mencari kebutuhan rumah tangga, kebutuhan olahraga dan kebutuhan lainnya, anda bisa mengunjungi website kami di www.danmogot.com menyediakan produk-produk terbaru dan dapatkan promo diskon hanya di danmogot.com. Buruan ajak keluarga anda, sahabat, teman untuk mengunjungi toko kami yang ada di Kota Medan, hanya ada di gedung Concept.id. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi customer service kami di : 061-4207-8633 atau 0822 9977 7633.

Trik Cara Mengirim WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor

Halo Bobers, Mr Bob ingin Berbagi manfaat ini untuk kalian, sangat penting dan bermanfaat pastinya ya. Dengan berbagai alasan, biasanya ada...